Puluhan Ribu Santri Sumedang Turun Kejalan Meriahkan HSN

Puluhan ribu santri dari 26 Kecamatan di Kabupaten Sumedang, turun ke jalan untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Kabupaten Sumedang,  bertempat di Alun-alun Sumedang, Senin (22/10/2018).
Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2018 tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.
Dalam sambutannya, Dony menyampaikan, bahwa penetapan Hari Santri Nasional dilatarbelakangi karena santri adalah salah satu komponen yang banyak berperan dalam perjalanan sejarah bangsa, serta sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan Resolusi Jihad Hadratussyeh Kyai Hasyim Asyari, yang telah membela Negara Indonesia seperti halnya membela Agama.
Atas dasar itulah Pemerintah Republik Indonesia memberi perhatian dengan menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.
Menurut dia, dengan memperingati Hari Santri Nasional diharapkan mampu mengingatkan kepada segenap bangsa, khususnya para santri untuk menghormati, mendoakan, serta mengenang jasa para ulama terdahulu, saat memperjuangkan kemerdekaan Tanah Air melalui Revolusi Jihad.
“Dan tentu saja kegiatan ini sebagai bentuk ikhtiar kita agar selalu diberi kelancaran, keselamatan dalam mewujudkan Sumedang yang Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif (Sumedang Simpati),” katanya.
Pada kesempatan itu, Dony berharap HSN tidak hanya milik para santri semata, akan tetapi juga bisa menjadi milik masyarakat luas. Sehingga setiap tahunnya, kehadiran HSN selalu dinanti dan memberi nilai manfaat yang positif.
Usai upacara selesai, puluhan ribu santri mengikuti karnaval mobil yang telah dihias dengan ornamen yang kental dengan nuansa Islami, menuju panggung perlombaan di Kawasan Gedung Induk Pusat Pemerintah Kab. Sumedang.

Short URL: http://www.pcnusumedang.or.id/?p=1307

Posted by on Okt 24 2018. Filed under Editorial, Headlines, Indeks, Warta NU Jabar, Warta NU Sumedang, Warta PBNU, Warta Sumedang. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Photo Gallery

120x600 ad code [Inner pages]
Masuk | Distributed by Tutorial Blog