Teladani Waliyulloh, Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Ziarah ke Pamijahan

12795279_1049245555095500_1613880038456446896_n

Tanjungkerta. Keluarga Besar Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Tanjungkerta Sumedang melaksanakan Ziarah Wisata ke Pamijahan dan Pangandaran pada Jum’at-Minggu (26/2).

Ziarah Wisata ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 26 sampai 28 Ferbruari 2016, dan diikuti oleh seluruh dewan asatidz, santri, dan masyarakat dengan jumlah peserta 500 orang. Dipimpin langsung oleh Pimpinan Pesantren K.H. Muhammad Aliyuddin, dan turut hadir pula Ketua PCNU Sumedang KH. Sa’dulloh, SQ., M.M.Pd, Ketua PC.LP. Ma’arif NU Sumedang Cucu Suhayat, S.Pd.I, Ketua PC. LTN NU Sumedang Ayi Abdul Kohar, S.Pd, Ketua PC. Lesbumi NU Sumedang Saepudin Aziz, Sekretaris JQH NU Sumedang Uat Wahyudin, S.Pd.I Ketua PC. IPNU Sumedang Saepul Hamdan, Ketua PAC. GP. Ansor Tanjungkerta Syarif Hidayatulloh, S.Pd.I, serta banom dan lembaga lainnya.

Kyai Aliyuddin menjelaskan, Wisata Ziarah Pamijahan adalah salah satu tujuan wisata para peziarah dari seluruh pelosok tanah air bahkan manca negara ketika hendak melakukan kunjungan ziarah sebagai upaya napak tilas perjuangan Wali Allah dalam mengembangkan agama Islam dimasa lalu.

Keberadaan kedusunan Pamijahan semakin dikenal sebagai Wisata Ziarah religi karena memiliki dua situs yang selalu dikunjungi dan diziarahi yaitu Makam Syekh Abdul Muhyi dan Goa Safarwadi keduanya berada di desa pamijahan kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya dan jarak antara keduanya tidaklah berjauhan (dapat ditempuh beberapa/puluh menit dengan jalan kaki). Tambahnya.

Setelah berziarah robongan bertolak menuju Pantai Pangandaran. Tidak banyak kegiatan yang dilakukan. Disana para santri di suguhkan dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Tidak heren mereka (red-santri) banyak yang memanfaatkan pantai tersebut dengan bermain pasir, bermain bola, dan bermain air (berenang), dll.

Alhamdulillah, sangat mengesankan sekali. Banyak pengalaman yang baru pak. Kata sausan salah seorang siswi kelas VII D MTs Plus Al-Hikam.

Mudah-mudahan di tahun depan Pondok memfasilitasi kami lagi untuk berziarah dan wisata ke tempat yang lebih seru lagi pak. Harapan Ginanjar salah satu santri dari santri Takhasus.

Menurut ketua Panitia Ayi Abdul Kohar, S.Pd, Ziarah wisata ini merupakan agenda tahunan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah tujuannya untuk menapak tilas jejak ulama/wali dalam mengembangkan agama Islam di zamannya, sehingga bisa menjadi teladan bagi para santri semuanya didalam perjuangan mengembangkan agama Islam di masanya nanti.

Adapun ke Pangandaran, semua santri diajak untuk bertafakur atas keagungan Tuhan yang telah menciptakan alam ini dengan sempurna, dengan begitu indah penampakan-penampakan yang Tuhan perlihatkan kepada kita. Sehingga tidak ada sesuatu pun yang tidak boleh untuk tidak di syukuri ciptaanNya, semuanya harus disyukuri. Tambahnya.

Terakhir, Ayi mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang sudah membantu mensukseskan Ziarah Wisata ini, terutama kepada Pimpinan Pesantren, Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Sumedang, PO. Bus dan yang lainnya. Jazakumullah ahsanal jazaa.

Short URL: http://www.pcnusumedang.or.id/?p=569

Posted by on Feb 29 2016. Filed under Headlines, Indeks, Warta NU Sumedang, Warta Sumedang. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Photo Gallery

120x600 ad code [Inner pages]
Masuk | Distributed by Tutorial Blog